Setelan Pakan Lovebird Biar Gacor

Pakan Lovebird – Lovebird merupakan burung pengicau paruh bengkok yang sangat populer. Burung ini banyak digemari karena memiliki penampilan yang cantik. Selain itu, suara lovebird ngekek juga terdengar unik.

Nah, berbicara soal lovebird ngekek atau lovebird gacor, tidak semua lovebird mampu ngekek. Ada banyak faktor pendukung agar lovebird mampu mengelurkan suara kicau khasnya dengan durasi panjang. Salah satu faktor pentingnya yaitu Pakan atau Makanan.

Pakan memang terlihat sepele, banyak orang yang menganggap memberikan pakan sekedar agar burung kenyang. Namun hakikatnya lebih dari itu, pakan akan menjadi sumber nutrisi dan energi agar burung mampu berkicau dalam durasi yang panjang.

Jadi pemberian pakan yang tepat merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, mari kita pelajari apa saja jenis pakan yang bagus untuk burung lovebird agar cepat gacor dan rajin bunyi. Simak ulasannya berikut ini.

Pakan Lovebird Biar Gacor

Pakan Lovebird Biar Gacor

Dibawah ini saya akan menuliskan beberapa rangkaian pemberian pakan, mulai dari lovebird bakalan hingga pakan lovebird lomba.

Namun sebelumnya ketahui dulu beberapa jenis pakan yang bagus untuk lovebird.

1. Milet

Lovebird merupakan burung pemakan biji-bijian, sehingga memberikan pakan berupa biji-bijian adalah hal yang wajib. Salah satu pakan terbaik untuk lovebird yaitu milet, baik milet merah atau milet putih.

Bagi para kicaumania yang sudah biasa merawat burung kicau pasti sudah tidak asing lagi dengan pakan milet, karena tidak hanya lovebird saja yang suka makan milet. Ada beberapa jenis burung yang gemar makan milet, seperti kenari, blackthroat, dan jenis burung pemkan biji lainnya.

Sobat dapat dengan mudah mendapatkan milet karena jenis pakan ini tersedia hampir disemua kios burung.

2. Biji Kenari

Biji kenari merupakan salah satu pakan andalan para kicaumania untuk burung pemakan biji-bijian.

Canary seed atau biji kenari dipercaya memiliki manfaat yang bagus untuk lovebird, salah satunya menghilangkan suara serak sehingga suara lovebird terdengar nyaring kembali.

Sobat juga bisa membeli biji kenari di kios burung, berikan dalam porsi secukupnya saja. Agar burung tidak bosan bisa sobat campurkan dengan milet.

3. Jagung Manis

Selain memakan biji-bijian, lovebird juga suka memakan jagung manis yang masih muda. Para kicuamania juga sering memberikan pakan ini karena jagung manis muda memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi.

Sobat bisa mendapatkan jagung manis di tukang sayur keliling atau membelinya dipasar. Untuk cara pemberiannya cukup potong dan gantung jagung manis didalam sangkar.

4. Gabah Beras Merah

Dibandingan dengan gabah beras putih, gabah beras merah memiliki kandungan yang lebih baik. Diantaranya, memiliki serat yang lebih tinggi, kandungan gizi yang lebih lengkap, mineral yang lebih banyak serta kalori yang lebih rendah.

Karena itu beras merah lebih unggul, sehingga bagus dikonsumsi oleh manusia maupun burung seperti lovebird.

Dengan kalori yang lebih rendah, sobat tak perlu khawatir burung kesayangan menjadi gemuk.

5. Biji Oats

Selain bagus dikonsumsi manusia, Oats juga sangat bagus untuk tubuh kembang burung lovebird.

Kandungan nutrisi dan protein yang tinggi menjadikan Oats sebagai salah satu pakan lovebird terbaik.

Cara pemberiannya sama seperti pemberian milet, namun cukup 2-3 kali saja dalam satu minggu.

Baca juga : Cara Merawat Lovebird Mabung

Itulah jenis pakan lovebird yang direkomendasikan, selanjutnya saya akan membagikan beberapa racikan pakan burung lovebird sejak masih anakan hingga untuk lomba. Yuk simak..

Setelan Pakan Lovebird Paud

Setelan Pakan Lovebird Paud

Setelan ini merupakan hasil sharing om Anto 999 dari Sragen yang diliput oleh situs Omkicau. Dalam artikel ini saya hanya sekedar merangkum dengan harapan semoga sharing om Anto 999 lebih mudah untuk dipahami sehingga sobat bisa mencetak lovebird jawara seperti Om Anto 999. Berikut ini rangkumannya :

Anakan lovebird tetap diloloh oleh Indukan. Sedangkan indukan diberi pakan berupa milet putih, gabah beras merah, canary seed dan jagung muda. Selain pakan tersebut, terkadang diberi pakan BR-1, namun lebih baik lagi jika diberi Voer khusus breeding.

Jika anakan lovebird sudah bisa makan sendiri, tahap selanjutnya anakan ditempatkan dikandang yang berbeda atau dipanen.

Anakan lovebird setiap hari diberi pakan milet putih, gabah lampung/bangkok dan canary seed, dengan perbandingan 5 : 2 : 1. Sedangkan jagung muda diberikan satu kali dalam seminggu, tepatnya pada hari sabtu.

Pola pakan ini bisa menjadi pertimbangan pada kicaumania yang memiliki lovebird anakan (dibawah 4 bulan) dengan orientasi untuk lomba.

Menurut penjelasan Om Anto 999, pola pakan seperti diatas didesain supaya lovebird sudah terbiasan sejak dini sehingga penyesuaian setelah dewasa menjadi mudah.

Contohnya jagung muda yang terkenal dengan karbohidrat dan protein tinggi diberikan pada hari sabtu karena umumnya lomba diadakan pada hari minggu. Jadi dengan mengkonsumsi jagung muda sebelum lomba, diharapkan lovebird akan memiliki stamina yang bagus dan power yang kuat.

Sedangkan pakan tambahan berupa daun kangkung yang dicacah diberikan 2 kali dalam seminggu yaitu pada hari senin dan kamis.

Selain karena kandungan gizinya yg bagus, pemberian cacahan daun kakung bertujuan sebagai bentuk pendinginan atau recovery setelah seharian dilombakan.

Dengan setelan pakan seperti diatas, kedepan lovebird akan terbiasa dan tidak kaget saat dilombakan. Meski ketika lovebird umur 6 bulan ada penyesuaian kembali, misalnya menambahkan biji matahai untuk meningkatkan birahi si lovebird, dll.

Setelah pakan lovebird lomba memang harus di rancang sejak dini. Dengan demikian hasilnya pasti akan lebih baik dan lebih awet dibandingkan dengan memacu lovebird dewasa menggunakan extra fooding secara instan.

Racikan Pakan Lovabird Konslet

Sebagai tambahan, berikut ini ramuan atau racikan pakan burung lovebird konslet dengan jahe dan mengkudu.

Bahan :

  • Jahe : 1 ruas
  • Mengkudu Matang : Secukupnya
  • Milet Putih : secukupnya
  • Air panas dan dingin : Secukupnya

Alat :

  • Panci atau baskom
  • Penyaring

Cara Meracik Pakan Lovebird :

  1. Jahe dicuci hingga bersih lalu kupas kulitnya. Setelah itu haluskan jahe tersebut, bisa diparut atau agar lebih cepat dengan cara diblander.
  2. Jika sudah, bersihkan mengkudu lalu potong kecil-kecil.
  3. Tahap ketiga, bersihkan milet menggunakan air. Buang milet yang terapung.
  4. Apabila semua bahan sudah siap, masukan semua bahan diantaranya jahe halus, potongan mengkudu dan milet kedalam panci yang berisi air panas.
  5. Aduk ramuan tersebut hingga rata lalu biarkan selama 2-3 jam. Jika dirasa ramuan tersebut sudah meresap dalam milet, saring milet dan jemur dibawah sinar matahari.
  6. Sampai disini, ramuan pakan lovebird jahe dan mengkudu sudah siap disajikan.

Baca juga : Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Demikianlah racikan pakan lovebird agar ngekek panjang. Semoga dengan setelan pakan sejak dini dan racikan pakan tersebut, sobat bisa mencetak lovebird jawara.

Tags: