Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan !

Kucing tidak mau makan jangan di anggap remeh, karena kucing berbeda dengan hewan peliharaan jenis lain. Jika kucing dibiarkan tidak makan, maka sangat rentan terserang penyakit.

Kenapa demikian?

Pada umumnya, hewan yang tidak mau makan, energi yang digunakan untuk fisiologi tubuh masih tersedia dari proses pembakaran lemak yang tersimpan pada jaringan tubuh hewan tersebut.

Namun hal tersebut sangat tidak efisien bagi kucing dan dapat menyebabkan penyakit Hepatik Lipidosis.

Penyakit tersebut akan timbul karena memaksakan hati untuk mengubah lemak yang tersimpan dalam jaringan tubuh kucing menjadi energi yang bisa digunakan.

Jika proses tersebut berlangsung terus menerus maka hati kucing akan mengalami kerusakan dan dapat mengakibatkan kucing mati.

Untuk mengetahui penyebab kucing menjadi malas makan secara pasti cukup sulit, karena kucing tidak bisa berbicara layaknya manusia.

Oleh karena itu, sebagai catlover kita harus tau penyebab yang membuat kucing tidak mau makan. Sehingga kita bisa mendeteksi dan menangani kucing yang malas makan dengan cepat dan tepat.

Nah, untuk membantu para catlovers, pada artikel ini mimin akan membagikan informasi tentang penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Berikut ini faktor-faktor yang dapat menyebabkan kucing menjadi susah makan bahkan tidak mau makan.

1. Makanan

Makanan juga bisa menjadi penyebab kucing menjadi susah makan loh. Jika sobat memberikan pakan yang sama selama ini dan tak ada pakan tambahan atau cemilan, mungkin saja kucing bosan. Seperti kita, jika menu makan setiap hari sama, pasti akan bosan.

2. Nafsu Makan

Coba sesekali perhatikan, apakah kucing kesayangan kalian sudah senang makan? Jika berbagai usaha sudah dilakukan, namun kucing masih susah makan, mungkin dia membutuhkan vitamin penambah nafsu makan seperti minyak ikan.

3. Penyakit Mulut

Pernah merasakan sariawan? Yups, luka di sekitar mulut, pasti sangat menyiksa dan membuat kita malas makan.

Hal ini juga bisa terjadi pada kucing kalian. Jadi coba periksa mulut kucing, apakah ada luka di mulutnya atau bau tidak sedap dibandingkan biasanya.

Jika ternyata terdapat luka, sebaiknya segera diobati, bawa ke dokter hewan supaya ditangani dengan tepat.

4. Masalah sistem pencernaan

Kucing memiliki sistem pencernaan yang sangat sensitif. Sehingga pemberian pakan dan minum jangan sembarangan, pastikan kehigienisannya.

Selain kucing tidak mau makan, masalah sistem pencernaan kerap membuat kucing muntah-muntah.

5. Bosan

Bosan adalah salah satu alasan seseorang malas mengerjakan sesuatu termasuk makan.

Kucing yang bosan terkadang mereka tidak mau makan, lebih banyak bermalas-malasan dan tidur.

6. Sakit

Kucing juga bisa sakit, ketika sakit bisanya nafsu makan akan menurun sehingga tidak mau makan dan sering muntah.

7. Stress

Eitsdah, udah bosen, stress pula, malang amat ya si kucing. Kucing yang stress biasanya akan menjadi malas makan dan mudah terserang penyakit.

Umumnya ada 2 faktor yang membuat kucing stress, yaitu faktor lingkungan dan tekanan.

Perhatikan 2 faktor tersebut, apakah lingkungan tidak kondusif, banyak kucing liar yang mengancam, dll.

8. Birahi

Kucing yang sedang birahi rentang terhadap penurunan nafsu makan. Apalagi jika tidak diberi pasangan, pasti emosinya akan kacau dan bisa stress.

Sudah ngerti penyebab-penyebab kucing tidak mau makan? selanjutnya kita bahas cara mengatasinya.

Baca juga : Harga Makanan Kucing Terbaru

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Berikut ini cara mengatasi kucing yang sudah makan :

1. Berikan variasi makanan

Kucing malas makan bisa dikarena bosan dengan pakan yang hanya itu-itu saja. Solusinya, berikan vareasi makanan supaya kucing punya pilihan dan tidak bosan.

Misal nih saya pribadi, saya memberi kucing makanan dengan pakan merk Bolt. Jika diperhatikan kucing mulai makan dikit dan terlihat bosan, saya beri makanan basah pada kucing, seperti ikan tongkol dikukus atau telur rebus. Tidak perlu setiap hari, 2 atau 3 hari sekali sebagai vareasi makanan saja.

2. Pancing nafsu makan

Cara memancing nafsu makan kucing sangat gampang, caranya cukup oleskan makanan basah seperti daging ayam atau daging ikan disekitar mulut dan hidung kucing.

Aroma makanan basah yang lezat tadi diharapkan dapat membuat nafsu makan kucing meningkat.

3. Suapi kucingmu

Seperti halnya manusia, kucing yang sedang sakit biasanya akan manja dan malas makan. Sebagai pecinta kucing yang bertanggung jawab, sobat harus mengusahakan bagaimana pun caranya akan kucing tetap makan.

Nah, salah satu cara yang bisa sobat lakukan yaitu dengan menyuapi si kucing, baik menggunakan tangan langsung, sendok kecil atau menggunakan suntikan tanpa jarum (syringe).

Pakan yang digunakan harus pakan basah, apabila cuma ada pakan kering, saya sarankan hancurkan dulu dengan air hangat. Kemudian masukan kedalam suntikan tanpa jarum lalu suapkan kepada kucing.

Ingat, jangan berlaku kasar pada kucing, tetap lemah lembut. Cara menyuapi kucing menggunakan syringe sebaiknya dari samping mulut, jangan dipaksa dan jangan pula disemprotkan, cukup dorong pelan-pelan.

4. Obati penyakit mulut

Apabila si kucing mengalami sakit pada mulut, sebaiknya segara di obati. Sobat bisa membeli obat sakit mulut atau sariawan khusus hewan di petshop, atau bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Beri vitamin

Untuk meningkatkan nafsu makan kucing, sobat bisa memberinya obat penambah nafsu makan untuk kucing seperti Neovitamax.

Ada beberapa sumber yang menyarankan memberikan vitamin untuk manusia kepada kucing. Namun menurut saya itu kurang bagus, karena sistem metabolisme tubuh kucing dan manusia jelas berbeda.

6. Ajak dia bermain

Selain membuat kucing senang, mengajaknya bermain juga bisa untuk memancing nafsu makan si kucing. Setelah kucing lelah bermain, pada umumnya akan merasa haus dan lapar, saat itulah kesempatan kita untuk memberikan pakan terbaik.

Cara mengajak kucing bermain sangat gampang, cukup dengan melempar tali pada kucing lalu tarik dikit demi sedikit agar kucing terpancing untuk menangkapnya. Atau bisa dengan menggunakan mainan tikus-tikusan. Ada banyak cara pokoknya..

7. Berikan tempat yang nyaman

Siapapun pasti menginginkan tempat yang nyaman dan aman, termasuk dengan kucing. Tempat yang nyaman akan membuat kucing tenang dan betah.

Hal ini sangat penting, terutama untuk kucing yang masih baru karena masih perlu adaptasi dengan lingkungan. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan dari kucing yang nakal supaya kucing sobat tidak merasa tertekan.

8. Bawa ke dokter

Apabila kucing tidak mau makan meski sudah berbagai cara dilakukan, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan. Jadilah pemilik kucing yang penyayang dan jangan gegabah mengobati kucing sendiri. Sebaiknya konsultasi dengan dokter hewan terdekat.

Baca juga : Daftar Harga Ikan Arwana Terbaru

Demikianlah pembahan kita tentang penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan. Semoga dengan sedikit rangkuman ini dapat membantu sobat menyelesaikan masalah pada kucingnya. Sekian dar saya, admin Pawanghewan.net, semoga bermanfaat,

Tags: