Jenis Kenari yang Paling Bagus Kicauannya

Ketika ingin memelihara kenari, ternyata masih banyak kicaumania yang bingung memilih jenis kenari yang paling bagus suaranya.

Wajar saja sih, sebab memang ada banyak jenis kenari yang bisa kita temui di Indonesia. Baik jenis kenari impor maupun jenis kenari lokal.

Jika tujuannya untuk dilombakan, umumnya pada kicaumania lebih memilih kenari impor dibandingkan kenari lokal.

Kenapa? karena suara burung kenari impor umumnya lebih bagus, selain itu mentalnya juga sangat kuat.

Jenis Kenari yang Paling Bagus Kicauannya

Jenis Kenari yang Paling Bagus Kicauannya

Pemilihan jenis kenari ini sangat penting, karena berkaitan dengan bakat si burung.

Apabila mencari kenari untuk lomba, tentu kalian harus memilih kenari yang memilih tipe penyanyi. Sehingga mudah untuk dilatih dan memiliki irama yang bagus.

Berikut ini 6 jenis burung kenari yang suara bagus untuk lomba :

  1. Burung Kenari Holland
  2. Burung Kenari Stafford
  3. Burung Kenari Persia
  4. Burung Kenari Yorkshire
  5. Burung Kenari Lancashire
  6. Burung Kenari Border

Supaya lebih kenal dengan masing-masing jenis kenari tersebut, mari simak ulasannya,

1. Burung Kenari Holland

Kenari Holland merupakan burung kenari tipe penyanyi, jadi sangat cocok kita latih untuk kenari lomba. Suara kenari holland terkenal merdu dan mantap.

Jenis kenari holland ini tidak masuk dalam daftar resmi jenis kenari di dunia, sebab nama holland sendiri hanya dikenal di Indonesia.

Disebut demikian karena burung kenari jenis penyanyi ini berasal dari impor Holland (Belanda).

Kenari holland memiliki panjang tubuh sekitar 13-14 cm, sedangkan warnanya bervareasi, seperti kuning, kecoklatan, merah wortel dan juga merah campuran.

2. Burung Kenari Stafford

Burung Kenari Stafford

Burung Kenari Stafford merupakan hasil silangan dari kenari gloster dengan kenari merah atau red factor canary. Jenis kenari ini dikembangkan oleh kelompok yang bernama Deutche Koife di Eropa pada tahun 1970-an.

Pada awalnya burung kenari stafford memiliki warna dominan merah. Namun karena sering dilangkan dengan jenis kenari lain, saat ini warna kenari stafford cukup beragam. Seperti burung mozaik, cokelat susu, pastel dan abu-abu.

Di Indonesia, kenari jenis ini banyak diminati, selain memiliki suara kicau yang indah, kenari stafford memiliki ciri khas jambul diatas kepalanya.

3. Burung Kenari Persia

Burung Kenari Persia

Kenari persia memiliki nama asli Kenari rasmi boland. Penampilan kenari ini sangat unik, berbeda dengan jenis kenari pada umumnya.

Apa yang membuatnya unik? Yang membuat unik yaitu postur tubuh dan ekornya yang lebih panjang dari semua jenis kenari yang ada di dunia.

Jenis kenari ini juga hasil persilangan, yaitu persilangan antara kenari yorkshire dari Inggris dan kenari giboso dari Spanyol.

Selain memiliki keunikan dari postur tubuh dan ekor yang panjang, ternyata kenari persia juga memiliki suara dan irama yang sangat bagus.

Bahkan menjadi kenari primadona di negeri asalnya, Iran.

4. Burung Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire

Jenis kenari yang memiliki suara kicau paling bagus selanjutnya yaitu kenari yorkshire.

Kenari jenis ini memiliki ciri khas tubuh yang seperti wortel terbalik, artinya tubuh bagian atas (dada dan punggung) lebih besar dan mengceil kebawah (bagian perut hingga kebawah).

Postur tubuh kenari yorkshire cukup besar dan panjang tubuhnya bisa mencapai 16 cm – 19 cm.

Tak kalah dengan jenis kenari lain, Yorkshire juga memiliki suara kicau yang bagus. Bahkan sering dijadikan andalan dikontes-kontes burung.

5. Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire

Sekilas kenari lancishire ini mirip dengan kenari stafford, sebab samam-sama memiliki jambul diatas kepalanya.

Namun ada juga jenis kenari lancishire tidak memiliki jambul atau mahkota.

Kenari lancishire menjadi jenis kenari terbesar di Inggris, panjang tubuhnya bisa lebih dari 20 cm.

Postur tubuhnya terlihat sangat gagah dan mewah, tak heran jika para kicaumania terpikat untuk memeliharanya.

6. Burung Kenari Border

Burung Kenari Border

Kenari tipe penyanyi selanjutnya yaitu kenari Border. Burung kenari ini terbilang lebih kecil dibandingkan jenis kenari lainnya.

Tubuhnya terlihat bulat dibalut dengan bulu berwarna kunig dan hijau. Suara kenari Border ini sudah tidak diragunakn lagi, namun sayangnya cukup silut menemukan kenari jenis ini dipasaran.

Biasanya burung kicau yang gacor ada yang jantan, jika membeli kenari untuk lomba sebaiknya pilih yang jantan. Apabila belum bisa membedakanya silahkan baca artikel perbedaan kenari jantan dan betina

Demikianlah beberapa jenis burung kenari yang suara kicaunya bagus untuk lomba. Selain memilih dari jenisnya, pastikan juga bahwa burung tersebut sehat dan memiliki ciri jawara.

Tags: