Download Suara Burung Perkutut Lokal

Download Suara Burung Perkutut Lokal – Salam kicaumania, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan suara burung yang sangat populer dan kalian pasti tidak asing dengannya, burung tersebut yaitu Perkutut. Yups, perkutut salah satu burung favorite para kicaumania, terutama kalangan tua.

Suara Burung Perkutut Lokal

Download Suara Burung Perkutut Lokal

Burung perkutut ada banyak jenisnya sob, namun untuk artikel ini saya hanya akan membahas tentang perkutut lokal atau sering disebut dengan perkutut jawa. Karena masih satu keluarga dengan burung terkukur, tak heran jika burung perkutut sangat mirip dengan terkukur namun memiliki ukuaran yang lebih kecil.

Ukuran burung perkutut terbilang sedang yaitu dengan panjang total 21 cm diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor. Tebuhnya terlihat ramping, bewarna abu-abu pada bagian kepala, pada sisi leher bergaris halus serta punggung berwarna cokelat dengan tepi hitam.

Perkutut sering terlihat hidup berkelompok, biasanya terdiri dari 4-6 ekor burung dan sering mencari makan di permukaan tanah. Makanan burung ini yaitu berupa biji-bijian.

Suara burung perkutut sangat khas, jadi ketika sedang bersuara atau lebih sering di sebut manggung teman-teman langsung bisa mengenali burung tersebut. Suara perkutut lokal relatif lebih kecil dan tipis jika di bandingkan perkutut thailand (perkutut bangkok).

Nah, untuk teman-teman yang ingin mendengarkan suara perkutut lokal manggung bisa download audio suaranya dibawah ini. Suara perkutu ini bisa teman-teman gunakan sebagai masteran burung lain supaya cepat manggung.

Kicau lain :

Download Suara Perkutut Durasi Panjang

1. Suara Burung Perkutut Bangkok => Download

2. Suara Burung Perkutut Lokal => Download

3. Suara Burung Perkutut => Download

Tips Merawat Burung Perkutut

Berikut ini beberapa tips agar burung perkutut kesayangan kalian tetap sehat dan sering manggung.

1. Dimandikan secara Rutin

Mandi merupakan aktifitas yang sangat penting untuk menjaga kebersihan, termasuk dengan memandukan perkutut.

Selain untuk menjaga kebersihannya, memandikan perkutut juga akan membuat bulunya mengkilat.

Cara memandikannya sangat mudah, cukup semprotkan air menggunakan spray (penyemprot, kalian bisa membelinya ditoko burung).

Gunakan lubang paling halus supaya air yang disemprotkan menyebar dan membasahi tubuh perkutut seperti embun.

Waktu yang bagus untuk memandikan burung sekitar jam 07:00 – 08:00 pagi, sedangkan kalau memandikannya sore yaitu sekitar jam 04:00 – 05:00 sore.

Namun perhatikan juga keadaan cuaca, apabila mendung atau hujan sebainya di undur atau tidak perlu dimandikan.

2. Dijemur pada Pagi Hari

Setelah dimandikan, burung perkutut perlu dijemur supaya tubuhnya kembali hangat. Waktu menjemur sebaiknya jangan lebih dari jam 10 atau sebelum panas matahari menyengat.

3. Berikan Makanan yang Bergizi

Memberikan makanan yang bergizi menjadi salah satu faktor penting agar burung perkutut rajin manggung.

Kalian bisa memberikan pakan pabrikan yang memiliki nutrisi tinggi, atau meracik pakan sendiri.

Makanan racikan biasanya terdiri dari campuran jewawut, milet, dan biji godem. Selain itu, bisa juga menggunakan tumbukan beras merah, ketan hitam, dan jagung.

4. Berikan Vitamin

Selain memberikan makanan yang kaya akan gizi, kalian juga bisa memberikan vitamin supaya daya tubuh serta mentalnya kuat.

5. Berikan Jamu Khusus atau Makanan Tambahan

Agar perkutut kesayangan kalian tampil semakin prima, kalian bisa memberikan jamu khusus dari pabrikan dan juga memberikan makanan ekstra berupa kroto atau ulat hongkong.

Demikianlah kumpulan suara perkutut lokal mp3 dan tips cara memeliharanya yang bisa saya bagikan kepada teman-teman. Semoga penyampainnya mudah dimengerti dan dapat bermanfaat. Jangan lupa simak terus pawanghewan.com untuk mendapatkan berbagai macam cara memelihara hewan peliharaan teman-teman.

Tags: