Cara Merawat Kucing Baru Melahirkan Agar Tidak Mati

Cara Merawat Kucing Baru Melahirkan – Kucing merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan imut ini melahirkan anak-anaknya setelah mengandung selama kurang lebih 2,5 hingga 3 bulan lamanya. Berbeda dengan manusia, mamalia jenis ini melahirkan anak dengan jumlah yang cukup banyak.

Fase mengandung dan melahirkan ini tentunya hanya dialami oleh kucing betina. Oleh karena itu bagi sobat yang memiliki kucing anggora atau kucing persia berjenis kelamin betina harus mempelajari tata cara merawat kucing baru melahirkan yang baik dan benar.

Dalam merawat kucing memang dibutuhkan ketlatenan dan juga kesabaran, namun hal itu akan terbayar ketika melihat kitten-kitten kesayangan anda tumbuh besar. Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi terkait cara merawat kucing persia / anggora baru melahirkan.

Cara Merawat Kucing Persia Baru Melahirkan

Cara Merawat Kucing Baru Melahirkan

Kucing dengan bulu panjang biasanya akan lebih membutuhkan perhatian khusus dibandingkan dengan bulu yang medium atau short (pendek). Selain harus membersihkanya dengan lebih hati-hati dan bersih, anda juga harus tetap menjaga bulu-bulunya agar tetap indah dan bersih.

Sobat pasti sudah penasaran bukan bagaimana langkah-langkah merawat kucing setelah melahirkan serta apa saja sih alat-alat yang harus dipersiapkan ? Yuk langsung saja kita simak informasi dibawah ini :

Persiapan Kucing Melahirkan

  • Tempat yang tenang dan nyaman
  • Box dan kain hangat
  • Handuk Bersih
  • Lampu penghangat
  • Minuman dan makanan mengandung protein yang tinggi.
  • Madu / kuning telur

Langkah-langkah Merawat Kucing Melahirkan

Siapkan Tempat yang Tenang dan Nyaman

Ketika akan melahirkan biasanya kucing akan menunjukan tanda-tanda khusus diantaranya adalah terlihat lebih manja dan mengeluarkan suara.

Biasanya ia juga akan mencari tempat yang nyaman untuk ia melahirkan. Agar nantinya bayi kucing atau kitten tidak dipindah-pindah anda harus menyiapkan tempat yang hangat.

Kriteria tempat yang nyaman bagi kucing adalah tempat yang aman, sepi dan juga bersih. Jika ia sudah menunjukan tanda-tanda kucing akan melahirkan maka anda harus segera memindahkannya ditempat yang nyaman supaya proses persalinan berjalan lebih cepat.

Agar ia dapat melalui proses melahirkan dengan lebih cepat sebaiknya jangan terlalu sering menengoknya. Biarkan ia berkonsentrasi. Pada proses persalinan pertama biasanya akan memakan waktu lebih lama, namun setelah dapat mengeluarkan bayinya yang pertama, maka bayi-bayi yang lain segera menyusul.

Membersihkan Badan dan Tempat Melahirkan

Langkah kedua adalah membersihkan badan serta tempat kucing anda melahirkan. Umumnya kucing sudah memiliki naluri sendiri dengan membersihkan anak-anak dan dirinya. Oleh karena itu setelah melahirkan sebaiknya biarkan induk kucing menjilati anaknya sendiri.

Setelah selesai menjilati anaknya hingga bersih biasanya ia akan membersihkan dirinya sendiri. Sobat hanya perlu membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada pada lokasi ia melahirkan.

Untuk kucing dengan bulu yang panjang biasanya akan lebih kotor, jika ia tidak mampu membersihkan tubuhnya sendiri maka sobat harus membantunya membersihkan diri.

Berikan Kuning Telur atau Madu

Pasca melahirkan biasanya indukan kucing akan kehabisan tenaga karena melahirkan. Jika sobat mendapati kucing anda lemas dan tidak bertenaga sebaiknya berikan dan suapi kuning telur atau madu guna menambah asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh kucing.

Pindahkan ke Tempat Hangat

Kucing melahirkan biasanya memindahkan anak-anaknya beberapa kali. Untuk mengatasi hal ini siapkan tempat yang nyaman, aman dan hangat.

Letakkan ia di dalam kandang yang telah dialasi kasur atau kain. Beri lampu agar menjaga suhu kandang tetap hangat. Taruh kandang dalam ruangan yang aman dari predator.

Berikan Makanan dan Minuman Tinggi Protein

Memberikan makanan dan minuman tinggi protein sangat perlu dilakukan karena agar membuat kucing kembali bertenaga. Pastikan untuk menempatkan makanan dan minuman yang mudah dijangkau oleh si kucing. Karena pasca melahirkan biasanya ia tidak akan jauh dari anak-anaknya.

Baca juga :

Demikian penjelasan tentang cara merawat kucing pasca melahirkan. Semoga informasi yang Pawanghewan.net bagikan ini bermanfaat bagi sobat yaa 🙂 Sampai jumpa pada artikel selanjutnya !

Tags: