Cara Merawat Kucing Anggora bagi Pemula (Paling Lengkap)

Bagaimana cara merawat kucing anggora?

Cara Merawat Kucing Anggora

Seperti yang kita ketahui, kucing anggora merupakan salah satu kucing ras yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta kucing Indonesia. Tampilannya yang menggemaskan serta harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan kucing ras jenis lain, membuat para pecinta kucing terpikat oleh kucing ras ini.

Meski terlihat menggemaskan, namun merawat kucing anggora bukanlah hal yang gampang. Dibutuhkan keahlian, kesabaran, ketelatenan serta waktu untuk merawat kucing anggora agar tetap terlihat cantik, terawat dan sehat.

Bisa anda bayangkan, apabila kucing yang begitu menggemaskan tidak mendapatkan perawatan yang baik. Tentu keindahan kucing anggora akan luntur dan baunya pasti tidak enak.

Oleh sebab itu, pawanghewan akan membagikan materi cara merawat kucing anggora secara lengkap. Semoga dengan materi ini, teman-teman bisa merawat kucing kesayangannya dengan baik. Mari simak materi selengkapnya dibawah ini.

Perlengkapan Kucing Anggora

Perlengkapan Kucing Anggora

Sebelum menuju pada materi utama, sebaiknya kita kenali dulu perlengkap yang dibutuhkan untuk merawat kucing anggora. Berikut ini perlengkapan yang dibutuhkan :

  • Kandang, kunci utama kandang untuk kucing yaitu aman dan nyaman. Jadi tidak perlu membeli kandang yang mahal, jika yang murah bisa memberikan kenyamanan. Mungkin akan lebih baik lagi jika anda buat sendiri, ada banyak tutorial cara membuat kandang kucing dengan bahan-bahan yang murah di youtube .
  • Tempat makanan kucing, anda bisa membeli tempat makan kucing di petshop terdekat. Apabila mau irit bisa menggantinya dengan mangkok.
  • Tempat minum, sama halnya dengan tempat makan. Anda bisa membelinya di petshop atau menggantinya dengan mangkok.
  • Kotak pasir dan pasir khusus kucing, ini sangat penting karena kucing akan pup sebarangan jika tidak ada kotak pasir (tempat poop)
  • Ayakan, alat yang satu ini berguna untuk memisahkan kotoran kucing dari pasir.
  • Peralatan lain : Gunting kuku, sisir, shampoo khusus kucing, hairdryer dan handuk.

Itulah perlengkapan yang harus anda siapkan untuk merawat kucing anggora. Apabila belum bisa melengkapi semuanya, yang paling penting peralatan pokoknya, yaitu point 1-5 dan shampoo untuk memandikan kucing.

Jika sudah paham apa saja yang perlu disiapkan, sekarang kita lanjut pada materi inti, yaitu cara memelihara kucing anggora. Kami akan bahas secara lengkap tata caranya dibawah ini.

Cara Merawat Kucing Anggora Kecil

Cara Merawat Kucing Anggora Kecil

Menjaga Kesehatan Induk

Apabila anakan kucing masih memiliki induk, maka rawat juga induk kucing supaya tetap sehat. Kenapa? Karena kucing yang berumur 1 – 3 bulan masih minum susu induknya. Jika si induk kucing terkena penyakit, besar kemungkinan anaknya akan terkena juga. Jadi berikan induk kucing asupan makanan serta lingkungan yang bersih dan nyaman.

Memberikan Asupan untuk Anak Kucing

Berikan asupan yang baik pula untuk anak kucing, seperti susu, air mineral dan makanan.

  • Susu, kucing umur 1 – 3 bulan akan nyusu pada induknya. Namun jika teman-teman ingin memberikan susu sebaiknya tunggu hingga kucing umur 45 hari dan berikan susu khusus untuk anak kucing, jangan berikan susu sapi karena bisa mengganggu pencernaan.
  • Air, Sediakan ari mineral yang bersih pada tempat yang pendek supaya terjangkau oleh anak kucing. Pada umumnya anakan kucing akan rewel dengan menarik-narik tempat minum, jadi gunakan tempat minum yang dirasa cukup berat sehingga air tidak mudah tumpah ketika tempatnya ditarik-tarik para kitten.
  • Makanan, Memberikan makanan pada kucing umur 1-3 bulan harus diperhatikan dengan baik. Pastikan bahwa makan tersebut khusus untuk anakan kucing (kitten) dan usahakan lebih banyak memberikan makanan basah supaya mudah untuk dicerna.

Memberikan Tempat Tinggal yang Baik

Jangan anggap sepele tentang tempat tinggal untuk kucing, berikan anakan kucing tempat tinggal yang bersih, nyaman dan hangat. Kenapa harus hangat? Karena anakan kucing belum memiliki bulu yang cukup untuk melindunginya dari udara dingin. Alasi kandang dengan kain yang lembut dan berikan lampu bohlam (warna kuning) untuk menjaga suhu ruangan agar tetap hangat.

Memberikan Ruang Gerak

Kucing umur 1 – 3 bulan biasanya mereka masih suka bermain, berlari sana sini dengan sangat lincah. Jadi berikanah ruang yang cukup.

Berikan Vaksin dan Obat

Tidak kalah penting dengan point-point sebelumnya. Berikan vaksin untuk si anakan kucing supaya terbebas dari berbagai penyakit. Pemberian vaksin lebih baik diserahkan pada ahlinya (dokter hewan). Selain memberikan vaksin, kita juga harus memberikan obat seperti obat cacing secara berkala.

Siapkan Fasilitas Pembantu

Siapkan box untuk poop anakan kucing yang sudah diisi dengan pasir khusus. Taruh box / litter tray tersebut ditempat yang mudah untuk dijangkau.

Berikan Kasih Sayang

Yang terakhir yaitu memberikan kasih sayang kepada anakan kucing, caranya dengan ajaka anak kucing bermain dan sentuh mereka dengan lembut supaya nyaman dan mengenalimu.

Nah, itulah cara merawat anakan kucing. Semoga penjelasan diatas mudah untuk dipahami dan ada ilmu yang bisa anda dapatkan.

Cara Merawat Kucing Anggora yang Baru Dibeli

Kucing yang baru saja dibeli atau diadobsi biasanya akan melewati masa adabtasi. Pada masa ini kita harus merawatnya dengan ekstra supaya kucing tidak stres dan akhirnya sakit. Untuk itu berikut ini langkah-langkah merawat kucing yang baru dibeli.

Ajak sang Kucing Bermain

Untuk membangun hubungan dengan kucing baru sebaiknya anda meluangkan waktu untuk bermain. Dengan begitu kucing baru anda lebih cepat mengenali anda sebagai keluarganya.

Berikan Makanan Berkualitas

kucing yang baru hadir ditempat baru biasanya akan susah makan, jadi sebaiknya berikan kucing makanan yang berkualitas dan yang dia sukai. Kalau pengalaman kami, kami berikan ikan tongkol rebus. Pada umumnya semua kucing suka dengan ikan.

Jangan Biarkan Kucing Merasa Stres

Minimalisir potensi stress pada kucing dengan cara memberikan tempat yang nyaman dan aman. Bebas dari predator atau kucing lain.

Jangan Lupa Bawa ke Dokter Hewan

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang kondisi kucing, lebih baik anda mencari dokter hewan yang ahli disekitar rumah anda.

Informasih Tambahan

Cara Mengganti Makanan Kucing

Cara Mengganti Makanan Kucing Anggora

Apabila anda baru mengadobsi kucing, jangan lupa untuk menanyakan merk makanan yang biasa diberikan kepada pemilik sebelumnya. Usahakan jangan mengganti jenis makanan secara langsung. Kenapa? karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mencret.

Nah, bagi yang ingin mengganti jenis makanan sebaiknya ikuti tata cara mengganti makanan kucing dari yang lama ke yang baru berikut ini:

  • 1-2 hari campuran makanan 30% makanan baru, 70% makanan lama
  • 3-5 hari campuran makanan 50% makanan baru, 50% makanan lama
  • 6-7 hari campuran makanan 70% makanan baru, 30% makanan lama
  • 7 hari keatas, baru berikan 100% makanan baru.

Apabila kucing tidak mengalami gangguan seperti mencret atau muntah, maka pemberian makanan baru sukses dan dapat dilanjutkan seterusnya.

Jadwal Rutin Perawatan Khusus Kucing Anggora

Berikut ini jadwal perawatan kucing anggora :

  • Pagi dan Sore (setiap hari): memberi makan dan minum
  • Pagi dan Sore (setiap hari): membersihkan kotoran kucing
  • Memandikan kucing: 1 minggu sekali
  • Grooming kesalon: sebulan sekali (Optional)
  • Pencucian kandang: seminggu sekali

Demikianlah materi cara merawat kucing anggora kecil dan yang baru beli serta informasi lain seputar cara memelihara kucing anggora. Semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat.

Tags: