Cara Merawat Bulu Kucing yang Baik dan Benar

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang kerap kali kita jumpai. Hewan ini akan nampak sangat imut dan menggemaskan apabila memiliki bulu yang lebat dan juga panjang. Namun untuk menjaga bulunya tetap sehat dibutuhkan ketlatenan dan kesabaran.

Banyak dari para Catlovers yang tak segan untuk mengeluarkan biaya demi kucing kesayangannya agar tetap terlihat sehat dan cantik. Tetapi sobat tak usah khawatir yaa, bagi sobat yang tidak memiliki cukup biaya untuk membawanya ke Petshop untuk perawatan sobat dapat melakukan perawatan sendiri dirumah dengan cara yang mudah.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kesehatan bulu kucing mulai dari makanan, vitamin, kebersihan badan, lingkungan dan juga kandang. Untuk sobat yang belum tau cara merawat bulu kucing yang baik dan benar kami akan membagikannya secara khusus. 🙂

Cara Merawat Bulu Kucing agar Tidak Rontok

Cara Merawat Bulu Kucing

Agar bulu kucing tetap sehat, lebat dan panjang sobat harus menyimak tips dan trik dibawah ini ya 🙂

Memandikan Kucing

Memandikan kucing merupakan salah satu rutinitas wajib yang harus dilakukan catlovers agar bulu kucing tetap indah dan lebat. Memandikan kucing dilakukan 2 minggu sekali atau tergantung kegiatan yang dilakukan kucing. Apabila kegiatan kucing sering kali dilakukan di luar ruangan maka ia harus sering-sering dimandikan karena pasti bulunya cepat kotor.

Cara memandikan kucing sangat mudah yakni :

  • Siapkan seluruh peralatan mandi yakni shampoo, handuk, air hangat, potongan kuku, hairdrier, sisir, bedak dan parfum kucing.
  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memotong kuku kucing kesayangan anda agar ketika ia dimandikan tidak mencakar si pemilik.
  • Setelah kuku kucing di potong, kemudian letakkan kucing mulai siram pelan-pelan agar kucing tidak kaget.
  • Basuh bulu kucing secara perlahan hingga semua bulunya basah.
  • Gunakan shampoo khusus kucing dan aplikasikan ke seluruh tubuh.
  • Pijat-pijat dan ratakan shampoo ke seluruh bagian kecuali bagian muka mata hidung mulut dan telinga. Area tersebut cukup sensitif sehingga harus sangat berhati-hati.
  • Setelah semua bagian tubuh kucing telah terkena shampoo kemudian bilas hingga bersih.
  • Kemudian apabila sudah dibilas hingga bersih gunakan handuk agar bulu kucing kering.
  • Ketika bulu kucing telah kering sekitar 80% barulah sobat dapat menggunakan hairdrier supaya bulu kucing benar-benar kering.
  • Langkah terakhir dalam memandikan kucing adalah memenyisir bulu kucing supaya bulunya rapi dan tertata.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kutu pada Kucing

Membelikan Bedak Khusus Kucing

Setelah ritual mandi kucing langkah selanjutnya adalah menggunakan bedak khusus kucing. Penggunaan bedak khusus kucing bertujuan untuk menghilangkan lemak serta kotoran yang ada pada kulit dan tubuh kucing.

Menyisir dan menyikat bulu kucing

Menyisir dan menyikat bulu kucing

Menyisir bulu kucing tidak hanya dilakukan setelah mandi saja. Kegiatan ini harus sering dilakukan supaya kotoran yang ada pada bulu kucing terangkat.

Cara menyisir bulu kucing ini sangatlah mudah, pertama-tama buatlah kucing anda merasa nyaman dengan cara memanjakan dan mengelus-elusnya supaya kucing anda tidak berontak ketika disisir.

Sisir bagian perut dan kaki terlebih dahulu, kemudian pada bagian atas, kepala dan juga bagian ekor.

Baca juga : Cara Mengobati Kucing Flu

Gunakan Parfum Khusus Kucing

Agar bulu kucing tetap halus, lembut dan wangi gunakan parfum khusus kucing. Parfum khusus kucing ini selain wangi juga dapat mencegah kucing dari serangan kutu dan pinjal 🙂

Demikian cara merawat bulu kucing yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para kucing mania. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Pawanghewan.net ya karena kami akan terus menyajikan informasi menarik serta tips dan trik merawat hewan peliharaan. See you soon !

Tags: