Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-3 Bulan

Cara Merawat Anak Kucing Persia – Hallo cat lovers, pada kesempatan yang indah ini pawanghewan.com akan membagikan tips untuk kalian yang gemar dengan kucing.

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Selain mudah jinak, tingkahnya yang lucu membuat banyak orang tertarik untuk merawatnya.

Nah, untuk teman-teman yang memiliki kucing baru lahiran, mungkin kalian akan menemukan beberapa kesulitan saat merawat anakannya. Namun jangan khawatir, pada artikel ini admin akan memberikan beberapa tips merawat kitten atau anakan kucing yang baru lahir agar tidak mati.

Dalam merawat anakan kucing persia yang baru berumur 1 bulan hingga 3 bulan memang mempunyai kendala tersendiri. Apalagi jika merawatnya tanpa indukan, maka perlu perhatian khusus.

Untuk jenis kucing ras seperti persia, anggora, dll. terdaspat cara khusus dalam merawatnya. Namun jikan teman-teman merawat anak kucing persia dengan baik, pasti perkembangannya akan baik dan tumbuh dengan sehat.

Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1 Bulan

Cara Merawat Anak Kucing Persia (Kitten Persia)

Kendala merawat anak kucing yang baru lahir sering terjadi pada cat lovers pemula (awam). Jika perawatan tidak tepat maka tumbuh kembang kitten akan terganggu, untuk itu beberapa tips ini bisa kalian terapkan untuk merawat kitten persia.

1. Menjaga Kesehatan Induk Kucing

Jika anak kucing yang kalian rawat memiliki indukan, makan kesehatan indukan menjadi prioritas utama kita. Kenapa? Karena kucing yang masih berumur 1-3 bulan masih menyusu pada induknya.

Jika induk kucing tidak sehat atau terjangkit penyakit, kemungkinan besar anaknya akan ikut terkena penyakit. Untuk itu berikan asupan makanan dan lingkungan yang baik untuk induk dan juga anaknya.

2. Memberikan Asupan Anak Kucing Persia

Point kedua ini meurpakan salah satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik. Pemberian asupan asupan yang baik akan menentukan tumbuh kembang anak persia. Contohnya asupan seperti susu, air mineral dan juga makanan.

Susu

Anak kucing umur 1-3 bulan masih menyusu pada induknya, namun jika kalian ingin memberikan susu tambahan tentu diperbolehkan. Namun jangan memberikan susu sapi ya sob, karena bisa anak kucing persia lucu kalian bisa mencret. Lebih baik berikan susu khusus untuk kitten supaya tidak terjadi hal buruk pada kitten.

Air Mineral

Sediakan air mineral yang bersih dan juga tempat air yang seteril. Gunakan wadah air yang sedikit pendek supaya anak kucing mudah menjangkaunya. Jika ada anak persi yang sering reseh menarik-narik tempat air minum, gunakan wadah air yang berat dan isinya jangan terlalu penuh ya sob.

Makanan

Di Pet Shop biasanya menyediakan makanan khusus untuk anak kucing (kitten), jadi teman-teman jangan sampai salah pilih. Karena ada juga makanan yang khusus untuk kucing dewasa (adult). Jika kalian bingung memilihnya, bisa bertanya pada penjaganya.

3. Tempat Tinggal yang Baik

Berikan temant tinggal yang baik dan pastinya bersih untuk anak kucing persia. Hal ini jangan kalian anggap sepele ya, karena tempat yang tidak bersih bisa menjadi sarang penyakit.

Selain itu, usahakan suhu tempat tinggal harus hangat. Kalian bisa memberikan alas kain bersih yang sudah tidak dipakai dan juga berikan lampu supaya kitten tetap hangat. Karena bulu kitten belum lebat jadi mudah kedinginan.

4. Berikan Vaksin dan Obat

Selain memberikan asupan yang baik, tempat tinggal yang bersih, memberikan obat dan juga vaksin adalah point penting. Memberikan obat seperti obat cacing secara berkala sangat di anjurkan dan ini bisa teman-teman berikan sendiri. Namun untuk pemberian vaksi, saya sarankan untuk membawa kitten kalian ke dokter hewan supaya sesuai aturan.

5. Fasilitas lain

Untuk mendukung tumbuh kembang kitten persia, beberapa fasilitas pendukung bisa kalian sediakan seperti Litter Tray atau box untuk poop kitten. Tambahkan pasir pada box secukupnya ya sob, tapi bukan pasir untuk bangunan ya, melaikan pasir khusus kucing yang dijual di petshop.

6. Kasih Sayang

Tidak hanya manusia sob yang perlu kasih sayang, namun kucing juga membutuhkannya. Hal ini terlihat sepele, namun perlu kalian lakukan dengan cara menyentuh kucing dengan lembut dan mengajaknya bermain. Dengan begitu kucing kalian akan mengenali kalian dan jinak serta manja.

Nah, itulah beberapa tips cara merawat anak kucing persia supaya tumbuh kembangnya terjaga. Semoga dengan beberapa tips diatas bisa membatu kalian yang masih pemula dalam merawat anakan kucing. Simak terus pawanghewan.com karena admin akan memberikan tips menarik lainnya.

Tags: