Cara Mengobati Kucing Mencret dan Penyebabnya

Bagaimana cara mengobati kucing mencret?

Sangat sedih ketika melihat kucing kita terserang diare atau mencret, badannya akan kurus, nafsu makan berkurang, lesu, lemah dan terlihat tidak terawat.

Untuk itu, pada artikel ini pawanghewan.net akan berbagi informasi seputar penyebab kucing mencret dan cara mengobatnya. Semoga dengan membaca artikel ini teman-teman akan lebih paham cara mengatasi kucing terserah diare atau mencret. Baiklah, langsung saja kita bahas apa saja penyebabnya.

Cara Mengobati Kucing Mencret

Penyebab Kucing Mencret atau Diare

Berikut ini beberapa penyebab kucing terserang diare yang sudah kami kelompokan berdasarkan tingkat keseriusannya.

Penyebab kucing diare ringan

  • Makanan

Kucing memiliki sistem pencernaan yang sensitif, ketika anda mengganti pakan secara sepontan bisa membuat kucing mengalami diare. Jadi ketika mengganti pakan kucing sebaiknya lakukan secara bertahap. Selain itu jangan berikan kucing makanan sisa, dikhawatirkan makanan tersebut sudah tidak higienis lagi.

  • Minuman

Perhatikan kehigienisan air yang anda berikan, rajinlah untuk menggantinya. Dan akan lebih baik lagi jika air minum yang anda berikan merupakan air mineral atau air yang sudah dimasak.

Jika ingin memberi susu pada si kucing, sebaiknya berikan susu khusus untuk kucing jangan memberi susu untuk manusia. Sebab kucing susah mencerna laktosa.

  • Stres

Diare juga dapat disebabkan karena kucing stress. Hal-hal yang bisa menyebabkan kucing stress antara lain karena iklim, ada predator, dll.

Penyebab kucing diare berat

  • Virus atau Bakteri

Dalam beberapa kasus, terdapat bakteri atau virus yang menyebabkan kucing diare, salah satu bakteri yang populer menyebabkan diara yaitu bakteri Escherichia coli.

  • FIV / AIDSnya Kucing

Virus yang satu ini bahaya banget, tidak hanya untuk kucing namun bagi kita juga sangat berbahaya. Penularan virus ini bisa melalui gigitan. Untung saja masih jarang ditemui kucing yang terjangkit virus tersebut. Jadi agar kucing anda terhindar dari virus-virus berbayaha seperti ini sebaiknya segera vaksin kucing anda.

  • Radang Pada Usus

Radang pada usus atau panleukopenia sering dialami oleh kucing yang belum divaksin. Penyakit ini terbilang sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan muntah-muntah, anemia dan diare yang parah pada kucing.

  • Ginjal si kucing rusak

Penyebab ginjal kucing rusak yaitu kurangnya asupan air, jadi sebagai seorang majikan yang baik seharusnya kita menyediakan air yang cukup dan diimbangi dengan dryfood. Rusaknya ginjal pada kucing dapat memicu penyakit lain seperti diare.

Baca juga : Shampo Kucing yang Bagus

Cara Mengobati Kucing Diare

Cara Mengobati Kucing Mencret

1. Memberi Oralit (khusus hewan)

Anda bisa membeli oralit untuk hewan di Pet Shop terdekat atau langsung di dokter hewan. Tanyakan saja pada penjualnya dan tanyakan cara penggunaan oralit tersebut. (pada umumnya cara penggunaan sudah ada pada kemasan)

2. Multivitamin

Ada banyak jenis vitamin untuk kucing, beli vitamin untuk menambah kekebalan tubuh kucing. Selain bisa meredakan diare, vitamin juga sangat baik untuk pencegahan.

3. Memberi Obat Cacing

Kok jadi obat cacing? Eiitss..jangan salah, diare juga bisa disebabkan karena si kucing cacingan. Kalau diare karena cacingan biasanya pada poop kucing tersebut terdapat cacingnnya.

4. Obat Diare Alternatif Norit / Diapet

Anda bisa memberikan obat diare untuk manusia kepada si kucing, seperti norti atau diapet. Takarannya sebagai berikut : Larutkan 1 pil norit/diapet pada 10 ml air. Minumkan 1 ml larutan tersebut kepada kucing dewasa, sedangkan untuk kucing kecil cukup 0,5 ml.

Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami

1. Yogurt (hanya saat mencret)

Yogurt mengandung bakteri baik yaitu Lactobacillus yang tergolong bakteri non patogen dan baik untuk pencernaan. Namun karena untuk kucing sebaiknya pilih yogurt nonlaktosa atau kadar laktosanya rendah.

2. Memberikan Tempe

Bagi catlover pemula mungkin masih banyak yang belum tahu, bahwa tembe bisa menjadi obat diare untuk kucing. Silahkan beli tempe mentah selanjutnya rebus dan potong kecil-kecil lalu berikan pada kucing anda.

3. Larutan Elektrolit

Sebagai pertolongan pertama, anda bisa memberikan larutan elektrolit pada kucing. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu siapkan air bersih 900 ml, campur dengan gula 1 sendok makan dan garam 1 sendok teh. Apabila kucing anda kesusahan minumnya, bisa anda suapi menggunakan spuit kecil (alat suntuk tanpa jarum).

Baca juga : Cara Mengobati Kucing Muntah

Demikianlah cara mengobati kucing mencret lengkap dengan penyebab-penyebabnya. Semoga dengan adanya tulisan ini teman-teman lebih paham tentang diare pada kucing.

Tags: