Cara Mengatasi Kucing Keracunan Paling Efektif !

Cara Mengatasi Kucing Keracunan – Hai sobat, senang sekali rasanya bisa terus menyapa pet lovers dengan berbagai informasi menarik seputar kucing. Oh iya sobat, pernahkah kalian mengalami kesulitan ketika merawat kucing ? Hal-hal yang paling sering ditemui ketika merawat kucing diantaranya adalah ketika kucing diare, mencret, muntah, pup menjadi encer, mulut mengeluarkan lendir, dan juga keracunan.

Cara Mengatasi Kucing Keracunan

Cara Mengatasi Kucing Keracunan dengan mudah

Agar pet lovers tak merasa kesulitan ketika merawat kucing kesayangannya. Tak ada salahnya kan untuk sama-sama belajar tentang cara memelihara kucing yang baik dan benar. Artikel yang akan kami ulas kali ini adalah tentang cara mengatasi kucing keracunan paling ampuh.

Penyebab keracunan pada kucing ternyata banyak sekali baik dari makanan, shampoo, obat kutu, racun tikus, kecoa atau bisa juga keracunan kodok. Wah ngeri sekali bukan ? Ternyata banyak sekali bahan-bahan di lingkungan sekitar yang menjadi penyebab terjadinya keracunan pada kucing.

Apakah keracunan pada kucing berbahaya ? Tertunya sobat pernah berfikir demikian. Jawabannya adalah sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera diatasi. Yuk kenali penyebab dan tanda-tanda keracunan pada kucing serta cara menanganinya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Cepat

Cara Mengobati Keracunan Pada Kucing Dengan Cepat dan Tepat !

Ciri-ciri Kucing Keracunan

Tanda dan ciri dari kucing keracunan diantaranya adalah :

Diare

Makanan yang tidak baik bagi kucing dapat menyebabkan fesesnya menjadi encer bahkan cair. Mencret atau diare yang terjadi pada kucing kesayangan anda merupakan tanda bahwa ada yang tidak beres terhadap makanan yang ia makan.

Diare juga menjadi salah satu ciri bahwa kucing mengalami keracunan. Keracunan dapat terjadi karena banyak hal, jadi jika ia menunjukan tanda ini, segera cari tahu penyebab pasti diare dan cari solusinya. Diare ini terjadi karena makanan atau zat yang masuk dalam tubuh kucing tidak dapat diterima.

Muntah

Selain sebagai tanda-tanda kehamilan, muntah yang terjadi pada kucing merupakan salah satu tanda keracunan. Hampir mirip dengan diare, muntah pada kucing disebabkan karena zat yang masuk tidak dapat diterima sehingga ia mengeluarkannya kembali.

Susah Bernafas

Ciri keracunan yang lainnya adalah kesulitan bernafas. Ketika kucing mengalami kesulitan bernafas maka dapat disimpulkan bahwa ia sedang mangalami keracunan, segera ambil tindakan yang tepat agar nyawa kucing anda dapat tertolong.

Sering Buang Air Kecil

Ketika keracunan, biasanya tubuh kucing melakukan perlindungan dengan sendirinya yakni salah satunya adalah sering mengeluarkan urine. Sistem respirasi pada tubuh kucing mengeluarkan racun melalui urine sehingga ketika kucing keracunan ia akan sering melakukan aktifitas buang air kecil.

Air Liur Banyak

Melemahnya daya tahan tubuh ketika keracunan menyebabkan kucing mengeluarkan air liur berlebih. Jika kucing kesayangan anda menjunjukan tanda ini cobalah untuk memeriksa makanan dan zat yang masuk pada tubuh kucing.

Gusi dan Lidah Berwarna Biru

Saat mengalami masalah keracunan, organ pada tubuh kucing tidak bekerja secara maksimal. Oksigen yang ada juga tidak tersalurkan dengan baik sehingga menyebabkan area gusi dan lidah kucing berwarna kebiruan.

Kucing Terlihat Lemas dan Lemah

Karena tubuh kucing sedang mengalami masalah tentu saja kucing menjadi lesu dan tidak bergairah. Ia menjadi terlihat sangat lemas dan juga lemah. Jika hal ini terjadi segera cari tahu penyebab dan solusinya agar kucing segera sehat.

Baca juga : Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

Cara Mengobati Kucing Keracunan

Setelah mengetahui tanda-tanda kucing keracunan, segera lakukan tindakan dibawah ini yaa 🙂

Cari Tahu Penyebab

Kenali penyebab terjadinya keracunan pada kucing agar mempermudah cara penanganannya. Periksa lingkungan dan kandang kucing, cari tahu makanan apa saja yang masuk pada tubuh kucing.

Pindahkan Kucing Pada Lingkungan yang Memiliki Udara Segar

Apabila kucing mengalami keracunan gas atau udara, maka segera tempatkan ia di lingkungan dengan udara yang bagus agar membuatnya mudah untuk bernafas. Menempatkan ia dalam lingkungan yang segar dapat membuat kondisi kucing menjadi lebih baik.

Berikan Susu

Susu dikenal sebagai bahan penetralisir racun. Oleh karena itu apabila kucing mengalami keracunan sebaiknya berikan ia susu agar dapat menetralisir racun yang ada dalam tubuhnya.

Air Kelapa

Sama halnya dengan susu, air kelapa juga dapat mengobati keracunan. Air kelapa dapat sobat jadikan pilihan dan bahan alami obat keracunan. Selain itu air kelapa juga dipercaya dapat digunakan sebagai penawar racun tikus.

Kuning Telur

Memberikan kuning telur mentah juga baik untuk kucing. Selain menetralisir racun, kuning telur dapat menjadi penambah stamina bagi si kucing.

Buat Kucing Muntah

Kucing biasanya dapat muntah dengan sendirinya apabila mengalami keracunan, namun apabila tidak dapat muntah secara alami maka sobat dapat membantunya. Dalam hal ini ada beberapa racun yang harus dimuntahkan, namun ada juga yang tidak.

Terdapat beberapa racun yang tidak boleh dimuntahkan yakni racun asam dan basa. Apabila racun ini dimuntahkan dapat memperburuk kondisi kucing. Untuk jenis racun yang harus dimuntahkan maka sobat dapat menggunakan hidrogen peroksida 3{e5e7f6117a7ac7f12f9b0d902b888c8e80eeaf46a9d5646be021799863675d4f} , dengan ukuran atau dosis antara 2 sampai 4 ml per kilo dari berat badan kucing.

Bersihkan Sumber dan Sisa Racun

Langkah terakhir dalam menangani kucing keracunan adalah dengan membersihkan sumber dari racun, beserta sisa-sisa racun yang ada disekitar kucing.

Inilah cara mengobati keracunan pada kucing. Semoga tips dan trik yang kami bagikan ini membantu ya 🙂 Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Pawanghewan.com 🙂

Tags: