Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi ( Penyebab dan Tips Merawatnya !)

Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi – Sebagian besar tubuh mahluk hidup terdiri dari air, begitu juga dengan kucing. Air berperan sangat penting dalam tubuh mulai dari sistem pencernaan, transportasi gizi dan oksigen melalui sistem peredaran darah, sistem metabolisme dan sistem-sistem lainnya dalam tubuh membutuhkan air dalam prosesnya.

Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi

Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi lengkap dengan akibatnya

Kekurangan air atau dehidrasi dapat diartikan sebagai kondisi turunya volume cairan dalam tubuh. Dehidrasi yang dialami oleh hewan seperti kucing tidak dapat dibiarkan begitu saja. Sebagai pemilik yang baik kita harus dapat dengan sigap mengetahui masalah yang terjadi pada kucing termasuk masalah dehidrasi.

Karena air memegang peran yang cukup penting dalam tubuh mahluk hidup. Maka kekurangan air atau dehidrasi dapat menyebabkan masalah yang serius. Yuk kenali tanda-tanda kucing kekurangan air atau dehisrasi ! Kami juga akan mengulas secara lengkap tentang bagaimana cara mengatasi kucing kepanasan, cara membuat cairan elektrolit untuk kucing, cara membuat larutan oralit untuk kucing, oralit alami untuk kucing, pocari sweat untuk kucing,akibat kucing dehidrasi, prosedur pemasangan infus pada kucing, cairan infus untuk hewan.

Baca juga : 3 Tips Sebelum Membeli Kucing Peliharaan yang Benar

Tanda-tanda Kucing Dehidrasi

Untuk dapat mengetahui kucing anda sedang mengalami masalah dehidrasi atau tidak cobalah simak tanda-tanda dehidrasi dibawah ini :

Bagian Mata

Dehidrasi pada kucing menyebabkan bagian matanya terlihat sayu dan juga cekung. Jika kucing kesayangan sobat mengalami tanda yang demikian bisa jadi ia sedang mengalami kekurangan cairan.

Tingkah Laku

Tingkah laku kucing yang sedang dehidrasi pun berbeda jika dibandingkan dengan kucing yang sehat. Ia menjadi nampak tidak tenang, depresi dan juga stress.

Menurunya Nafsu Makan

Kucing yang sedang mengalami penurunan volume cairan juga mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini dikarenakan kondisi badannya sedang tidak fit sehingga ia menjadi tidak nafsu makan.

Bulu Menjadi Kasar dan Kusam

Kekurangan cairan dalam tubuh ternyata dapat menyebabkan bulu-bulunya menjadi kasar dan kusam loh. Wahh ternyata air juga berpengaruh besar dalam tubuh kucing ya.

Kucing Nampak Lemah dan Lesu

Seekor kucing yang nampak lemah dan lesu dapat diakibatkan oleh kekurangan cairan yang sudah parah. Oleh karena itu jika kucing kesayangan anda menunjukan gejala ini lebih baik segera diatasi agar kondisi kucing tidak semakin memburuk.

Mulut Kucing Kering

Dehidrasi yang parah pada kucing juga menyebabkan bagian bibir dan mulut kucing menjadi kering. Segeralah beri ia air minum agar keadaanya lekas membaik.

Baca juga : Jenis-jenis Kucing Persia Beserta Gambarnya

Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi Dengan Tepat

Setelah mengetahui gelaja-gejala kucing dehidrasi, segeralah untuk melakukan langkah penanganan yang tepat yang akan kami jelaskan dibawah ini :

Dehidrasi disertai Diare dan Muntah

Untuk mengatasi dehidrasi yang disertai dengan diare dan muntah cara penangananya adalah dengan menggunakan Ice Cube atau Es batu. Gunakan es batu ini untuk menarik perhatian kucing anda. Biasanya ia akan tertarik untuk menjilati es yang mulai meleleh.

Air Bersih

Gunakan air bersih (air matang) untuk mengobati dehidrasi yang dialami kucing. Cara penggunaanya adalah dengan mencampurkan air bersih dengan sedikit makanan basah agar si kucing tertarik untuk mencicipinya.

Cereal (Sereal)

Makanan berupa cereal yang disajikan menggunakan cairan susu dapat mengatasi dehidrasi pada kucing. Makanan ini dapat sobat jadikan alternatif pereda dehidrasi jik air bersih dan ice cube tidak berhasil.

Air Fresh

Dehidrasi yang dialami oleh kucing dapat disebabkan karena ia malas minum air yang anda sediakan. Pastikan untuk menggantinya setiap hari agar air selalu segar dan baru. Air yang tergenang dalam jangka waktu yang cukup lama dapat berbau busuk dan memiliki rasa yang tidak enak.

Cuci Tempat Air Minum

Air yang dibiarkan tergenang dalam jangka waktu lama biasanya berubah menjadi keruh, berbau dan memiliki rasa yang tidak enak. Gantilah air minum setiap hari dan cuci minimal 3 kali dalam seminggu agar tempat air minum terjaga kebersihannya.

Demikianlah cara mengatasi kucing dehidrasi, semoga dapat membantu teman-teman yang mengalami hal tersebut. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk membantu teman lain dan kunjungi terus pawanghewan.net

Tags: