Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok !

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok – Bulu merupakan mahkota pada kucing, keindahan dan kesehatan bulunya wajib kita jaga. Karena selain sebagai keindahan, bulu memiliki fungsi menghangatkan tubuh kucing. Oleh karena itu menjaga agar bulunya tidak rontok adalah hal yang wajib.

Untuk kucing jenis tertentu seperti persia dan anggora harus  harus lebih diperhatikan karena memiliki bulu yang lebat dan panjang. Karena apabila tidak dirawat dengan baik, sangat beresiko terjadinya kerontokan. Tentu saja apabila bulunya rontok, maka tingkat kecantikan dan ketampanan kucing anda menjadi berkurang hehe :D.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Dengan Mudah

Kerontokan yang terjadi pada bulu kucing ini tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele. Karena jika dibiarkan terus menerus bulu kucing akan rontok dan botak. Nah bagaimana sih cara menangani bulu kucing rontok, cara menumbuhkan bulu kucing yang botak,  apa saja obat alami bulu kucing rontok, shampo kucing anti rontok, cara merawat bulu kucing persia agar lebat, harga obat bulu kucing rontok dan bahaya bulu kucing bagi manusia. Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya !

Biasanya bulu kucing rontok pada umur 4 hingga 5 bulan yakni pada fase pergantian bulu atau pada masa kucing birahi dan melahirkan. Rontoknya bulu kucing juga dikarenakan beberapa faktor penyebab diantaranya :

Baca juga : Cara Mengatasi Kucing Keracunan

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Sudah Waktunya

Kucing akan mengalami kerontokan bulu pada waktu yang berkala. Umumnya setiap satu tahun sekali kucing akan mengalami kerontokan bulu yang cukup banyak dan kemudian berganti dengan bulu-bulu yang baru. Untuk kucing betina yang sedang hamil maupun menyusui juga biasanya mengalami kerontokan bulu yang cukup banyak.

Kekurangan Gizi

Penyebab terjadinya kerontokan bulu yang kedua adalah karena kekurangan gizi dan vitamin. Apabila kucing mengalami kekurangan vitamin A dan Vitamin E maka akan terjadi kerontokan bulu yang cukup banyak.

Vitamin Berlebih

Selain karena kekurangan vitamin ternyata kelebihan vitamin juga berdampak buruk bagi kucing terutama bagi bulu-bulunya. Kelebihan vitamin ini akan menyebabkan kerontokan bulu, kulit kering, serta berkerak. Waaah bahaya juga ya ternyata.

Salah Shampoo

Shampoo kucing memiliki kandungan detergen yang cukup tinggi. Tidak semua kucing cocok terhadap produk shampoo yang sama. Untuk produk mandi yang satu ini sobat harus sangat hati-hati yaa, sobat harus memperhatikan merk shampoo yang mana yang cocok untuk si mpus.

Alergi

Penyebab bulu rontok pada kucing banyak sekali salah satunya adalah alergi. Alergi menyebabkan kerontokan pada bulu kucing. Faktor penyebab alergi diantaranya adalah makanan, obat/vaksin, serta parasit. Untuk kerontokan bulu yang diakibatkan oleh alergi dapat diatasi dengan mengkonsultasikan ke dokter hewan terdekat.

Suhu Udara

Bulu pada kucing berfungsi sebagai pengatur suhu. Ketika musim dingin ia akan berfungsi menghangatkan tubuh. Sedangkan ketika suhu udara panas bulunya akan rontok supaya dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Kutu dan Parasit

Kutu dan parasit tinggal di bagian luar kulit. Untuk dapat hidup ia menyerap nutrisi yang ada pada lapisan kulit sehingga menyebabkan asupan nutrisi pada bulu berkurang dan menyebabkan kerontokan.

Tungau

Selain kutu dan parasit ternyata tungau juga berbahaya bagi kesehatan bulu kucing. Jenis tungau yang biasanya menjangkiti tubuh kucing adalah demodex dan scabies.

Jamur

Lingkungan dan tubuh yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada kulit. Jamur ini sangat berbahaya karena menyebabkan kerontokan.

Stress

Stress juga dapat menyebabkan kerontokan bulu. Hal ini dikarenakan peredaran terjadi tidak lancar dan menyebabkan nutrisi tidak tersalurkan dengan baik. Akibatnya bulu dapat mengalami kerontokan yang cukup parah.

Baca juga : Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

Cara Mengobati Bulu Kucing Rontok

Setelah mengetahui penyebab bulu kucing rontok berikut adalah cara menanganinya dengan benar :

Rawat Seperti Biasa

Apabila masalah kerontokan bulu disebabkan oleh suhu udara, maka sobat tidak perlu melakukan pengobatan apapun. Cukup biarkan dan perlakukan ia seperti biasa maka akan sembuh dengan sendirinya.

Berikan Mainan dan Buat Ia Nyaman

Sesekali belikanlah mainan baru, ajak ia bermai dan buat ia nyaman agar stress yang dialami kucing berkurang. Jika kucing tidak stress maka kerontokan bulu akan berkurang.

Gunakan Shampoo yang Cocok

Selalu gunakan produk shampo yang cocok dan jangan terlalu sering menggantinya.

Berikan Makanan yang Bergizi

Guna melengkapi kebutuhan vitamin dan gizinya berikanlah makanan basah berupa ikan atau daging. Jika sobat memberikan makanan kering, maka pastikan untuk memberikan makanan kering dengan kadar gizi yang tinggi.

Memandikan Kucing Secara Berkala

Untuk menjaga bulu kucing tetap indah, jaga kebersihan tubuh kucing dengan memandikannya secara berkala. Mandikan kucing setidaknya 1 kali dalam seminggu.

Menyisir Bulu Kucing

Agar peredaran darahnya lancar serta nutrisi dapat tersalurkan dengan baik, maka sisirlah bulu kucing dengan lembut sembari sesekali diberikan pijatan-pijatan agar ia merasa nyaman. Menyisir bulu kucing dengan sisir khusus kutu juga dapat membersihkan kutu sekaligus kotoran yang ada pada tubuh kucing.

Obat Bulu Kucing Rontok

Jika beberapa langkah diatas tidak berhasil, maka sobat dapat membeli obat bulu kucing rontok yang ada di pet shop sekitar lingkungan anda.

Mudah bukan cara mengobati bulu kucing rontok ? Simak terus informasi merawat kucing hanya di Pawanghewan.com ya karena kami akan terus memberikan informasi terbaik dan berkualitas. Sampai jumpa 🙂

Tags: