Cara Memilih Makanan Kucing Persia Agar Cepat Gemuk

Cara Memilih Makanan Kucing Persia – Makanan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi kucing. Memberinya makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi yang tinggi merupakan suatu keharusan agar kucing kesayangan anda menjadi tetap sehat. Bagi sobat yang belum lama memelihara kucing atau masih pemula, tentunya akan bingung menentukan makanan apa sih yang dapat membuat kucing anda cepat gemuk dan sehat ?

Sebenarnya kucing merupakan hewan yang gampang-gampang susah. Pada waktu tertentu kucing akan merasa bosan dengan makananya. Bahkan beberapa jenis kucing peliharaan seperti persia dan anggora terbilang cukup sulit dan sering tidak mau makan.

Dalam memilih makanan kucing sobat harus berhati-hati. Jika sobat memelihara kucing dari hasil membeli maka sobat harus memberinya makanan yang sesuai dengan makanan yang sebelumnya ia makan. Biasanya jika diberikan makanan dengan jenis yang berbeda belum tentu cocok.

Makanan Kucing Persia Agar Cepat Gemuk

Cara Memilih Makanan Kucing Persia Agar Cepat Gemuk

Cocok tidaknya makanan kucing tidak hanya ditentukan dari mau atau tidaknya ia makan, namun juga dapat diidentifikasikan dari feses yang dihasilkan kucing. Jika ia tidak cocok dengan makanan barunya maka fesesnya akan lebih lembek atau bahkan encer. Jika hal ini terus berlanjut tak jarang akan menimbulkan masalah yang serius pada tubuh kucing.

Sesuai dengan nalurinya sebagai hewan karnivora kucing biasanya memakan ikan dan daging. Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya kucing membutuhkan asam amino, asam protein, asam lemak dan juga vitamin. Kebutuhan nutrisi tersebut dapat anda penuhi dengan memberikan kucing daging atau ikan.

Makanan alami seperti daging maupun ikan merupakan makanan terbaik bagi kucing. Namun biasanya para pet lovers lebih menyukai makanan kering dikarenakan lebih praktis dan ekonomis. Pemberian makanan kering bagi kucing sebenarnya tidaklah salah apabila kebutuhan gizi kucing dapat terpenuhi.

Oleh karena itu dalam memilih makanan kering untuk kucing kesayangan anda haruslah selektif. Pastikan memilih makanan dengan kandungan yang dibutuhkan kucing. Selain itu yang perlu sobat perhatikan ketika memilih memberikan makanan kering kepada kucing adalah harus mengimbangi dengan pemberian air minum kucing. Agar pencernaan kucing tidak terganggu, kucing harus mengkonsumsi cukup air jika memakan makanan kering.

Dalam waktu seminggu sebaiknya sobat juga memberikan variasi makanan basah kepada kucing. Berikan ia daging atau ikan yang sudah direbus terlebih dahulu. Tujuan dari pemberian variasi makanan pada kucing adalah supaya kucing tidak bosan serta pencernaan kucing tidak terganggu.

Selain pemberian makanan basah dan makanan kering, terdapat beberapa hal yang perlu sobat perhatikan dalam memberikan makanan kucing diantaranya adalah harus dilihat dari usia, nutrisi, merk yang cocok serta beberapa faktor lainnya. Yuk simak beberapa faktor yang mempengaruhi dalam menentukan makanan kucing.

Baca juga :

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dalam Menentukan Makanan Kucing

Makanan Kucing Berdasarkan Nutrisi

Sebelum memilih makanan kucing yang ada di Petshop sobat harus memperhatikan beberapa faktor diantaranya :

  • Memiliki kandungan PH yang rendah
  • Memiliki kandungan taurin
  • Memiliki kandungan Protein yang tinggi.
  • Memiliki kandungan lemak yang rendah
  • Memiliki kandungan magnesium yang rendah
  • Memiliki kandungan asam arakidonat atau arachidocit acid
  • Mengandung vitamin dan mineral ( B12, niacin, thiamin, dan vitamin A)

Makanan Kucing Berdasarkan Usia

Selain kandungan nutrisinya, usia juga menjadi faktor utama dalam menentukan jenis makanan kucing yang tepat. Usia menentukan jenis makanan yang baik bagi kucing persia. Berikut adalah ketentuannya :

Anak Kucing Umur 1 – 3 Bulan

Bagi kucing usia 1 hingga 3 bulan pemberian wetfood atau makanan basah sangat dianjurkan. Pada usia ini pencernaan kucing masih sangat lemah untuk memproses makanan. Oleh karena itu sebaiknya berikan makanan basah yang mengandung nutrisi yang tepat.

Kucing Umur Kurang 1 Tahun (< 1 Tahun)

Kucing dengan umur dibawah satu tahun sebaiknya masih diberikan makanan basah dengan jumlah lebih banyak dibanding makanan kering (dryfood) agar pencernaannya berjalan dengan lancar.

Kucing Dewasa ( Umur > 1 Tahun)

Kucing dewasa atau yang memiliki umur lebih dari satu tahun dapat diberikan makanan kering namun juga harus diimbangi dengan minum yang cukup. Jangan lupa untuk memberikan variasi makanan basah berupa ikan dan daging guna memenuhi asupan nutrisi si kucing yaa 🙂

Makanan Alami Kucing Persia

Tahukah sobat jika sebenarnya makanan kucing persia sebenarnya adalah daging, ikan dan juga keju. Pasti sobat kaget bukan mengapa keju termasuk dalam makanan kucing persia. Keju mengandung protein yang tinggi serta mengandung vitamin B2 yang dibutuhkan kucing. Namun tidak semua kucing persia menyukai jenis makanan yang stau ini ya sobat 🙂

Merk Makanan Kucing Persia

Untuk kucing jenis persia terdapat beberapa merk yang dijual dipasaran diantaranya adalah :

Royal Canin (RC)

Royal Canin atau RC merupakan makanan kucing persia yang dibanderol cukup mahal. Harga yang diterapkan sebanding dengan nutrisi yang ada dalam makanan sehingga merk ini merupakan salah satu merk makanan kucing terbaik dibandingkan dengan beberapa merk lainnya.

Pro Plan

Makanan kucing merk pro plan merupakan makanan kucing yang diperuntukan bagi kucing yang kurus. Biasanya dokter hewan menganjurkan merk ini bagi kucing yang bertubuh kurus. Kandungan nutrisi yang ada dalam Pro Plan dapat membuat kucing kesayangan anda cepat gemuk.

Whiskas

Bagi sobat pecinta kucing tentu sudah sangat familiar dengan merk makanan kucing yang satu ini. Selain dryfood whiskas juga menyediakan wet food dan beberapa jenis makanan kucing lainnya. Sobat dapat memberikan whiskas sesuai dengan umur serta kebutuhan kucing.

Friekies

Makanan merk ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Meskipun cukup murah dibandingkan dengan merk lainnya, Friekies kurang disukai kucing persia dikarenakan baunya.

Me-O

Jika dibandingkan dengan merk kompetitor seperti Royal Canin dan Pro Plan, makanan kucing merk Me-O memang terbilang lebih rendah, namun karena harganya cukup terjangkau sobat dapat memilih jenis makanan kucing yang satu ini jika cocok.

Cara Memberikan Makan Kucing Persia Agar Cepat Gemuk

Selain merk, nutrisi, dan juga usia, cara memberikan makanan kepada kucin juga harus diperhatikan agar kucing kesayangan anda tetap sehat. Berikut adalah faktor-faktor yang dibutuhkan :

  • Berikan secara teratur
  • Makanan basah lebih dianjurkan kepada kucing persia.
  • Menempatkan makanan pada mangkuk besar agar kepala kucing persia lebih leluasa ketika makan.
  • Usahakan makanan berada ditengah mangkuk agar mudah dijangkau.
  • Berikan makanan secukupnya agar tidak ada sisa pada wadah.
  • Pastikan untuk memberikan makanan fresh, jika memberikan dryfood pastikan untuk tidak membiarkan di wadah terlalu lama agar aroma tetap enak.
  • Tutup rapat dryfood dan simpan di suhu ruangan agar tetap enak dan tidak berubah aroma.
  • Jangan memberikan makan kucing dengan cara memaksa.
  • Berikan variasi terhadap makanan agar kucing tidak bosan.

Demikian ulasan tentang cara memilih makanan kucing persia yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Pawanghewan.net yaa 🙂

Tags: