Cara Memandikan Kucing yang Benar

Cara Memandikan Kucing – Bagi manusia, mandi merupakan rutinitas sehari-hari. Setelah mandi biasanya orang akan merasa lebih segar, wangi dan juga terhindar dari kuman.

Lalu bagaimana dengan kucing? memandikan kucing merupakan bentuk perawatan yang wajib, meski tidak setiap hari. Dengan memandikannya, kucing akan terlihat lebih segar, lebih bersih serta terhindar dari kuman maupun bakteri jahat.

Namun perlu diketahui bahwa memandikan kucing tidak boleh asal-asalan. Kalau asal-asalan, yang terjadi malah kucing akan sakit. Oleh karena itu, temen-temen catlover harus tahu bagaimana cara memandikan kucing yang baik dan benar.

Nah, dibawah ini pawanghewan.net sudah merangkum cara memandikan kucing secara lengkap. Yuk simak..

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing

Sebelum anda memandikan kucing, siapkan terlebih dulu beberapa alat berikut ini :

Jika peralatan tersebut sudah disiapakan, selanjutnya ikuti langkah-langkah memandikan kucing berikut ini.

Langkah-langkah Memandikan Kucing :

1. Membasahi Tubuh Kucing

Basahi tubuh kucing dari leher hingga ujung ekor dengan ari hangat yang sudah disediakan tadi. Jangan menyiram pada bagian kepala, air bisa masuk ketelinga, mata maupun hidung kucing. Bagian kepala cukup anda gosok dengan tangan anda secara lembut.

2. Menggunakan Shampoo

Menggunakan Shampoo Kucing

Setelah tubuh kucing basah, selanjutkan kita gunakan shampoo secara merata pada tubuh kucing. Usap dan pijit tubuh kucing secara lembut supaya shampoo benar-benar merata hingga keakar bulu. Bersihkan juga pada bagian kaki kucing, terutama pada sela-sela jarinya.

Oh iya, jangan sampai shampoonya kena mata si kucing ya..

3. Membilas

Setelah dirasa shampoo sudah merata, selanjutnya bilas kucing dengan air hangat tadi supaya shampo dan kotoran yang menempel pada kucing hilang. Pastikan membilasnya dengan benar dan tidak ada sisa shampoo di tubuh si kucing.

4. Keringkan si Kucing

Hair Dryer Kucing

Tahap selanjutnya yaitu mengeringkan si kucing menggunakan handuk yang lembut secara perlahan. Lalu lanjutkan dengan hair dyer atau blower supaya bulu dan tubuh kucing benar-benar kering.

5. Membersihkan Telinga Kucing

Membersihkan Telinga Kucing

Tidak selesai sampai pengeringan saja, masih ada tahap selanjutnya yaitu membersihkan telinga kucing dengan cotton buds yang dilembabkan dengan baby oil supaya kotoran mudah untuk dibersihkan.

Bersihkan telingan kucing dengan pelan-pelan supaya kucing tidak merasa sakit.

Tips Memandikan Kucing

Berikut ini beberapa tips sebelum anda memandikan kucing kesayangan :

1. Memotong Kuku Kucing

Sebaiknya potong kuku kucing sebelum dimandin. Tujuannya untuk mengurangi resiko apabila kucing takut dan mencakar. (Baca : Cara Memotong Kuku Kucing)

2. Mengetahui Waktu yang Tepat

Secara umum sebaiknya mandikan kucing seminggu sekali untuk menjaga agar tetap bersih dan sehat.

Namun apabila kucing anda sudah terlihat kotor atau banyak kutunya, alangkah baiknya segera di mandikan.

3. Menyikat untuk Meratakan Shampoo

Untuk memudahkan meratakan shampoo, anda bisa menggunakan sikat khusus untuk memandikan kucing. Selain shampo akan rata, bulu-bulu yang rontok pun akan ikut bersih.

Demikianlah informasi tentang cara memandikan kucing semoga dapat bermanfaat. Kunjungi terus pawanghewan.net, karena pada update selanjutnya kami akan membahas cara memandikan kucing yang galak secara lengkap.

Tags: