Cara Melatih Kucing Buang Air di Litterbox !

Salam jumpa sobat, berjumpa lagi dengan admin di Pawanghewan.com . Pada kesempatan ini mimin akan memberikan tips dan trik tentang cara melatih kucing buang air di litterbox. Tips ini akan sangat cocok bagi sobat pemula yang memelihara anak kucing.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan dan rumah anda sangat penting bagi sobat untuk melatih kucing buang kotoran ditempatnya. Pekerjaan melatih kucing pup dilitterbox ini sebenarnya gampang-gampang susah. Apabila kucing dilatih sejak kecil ia akan mudah mengerti dan terbiasa dengan kegiatan ini.

Cara Melatih Kucing Buang Air  Tidak Sembarangan

Cara Melatih Kucing Buang pada Tempatnya

Kucing yang buang kotoran sembarangan terkadang menjadi pertimbangan sendiri bagi seseorang ketika hendak mengadopsi kucing. Oleh karena itu admin akan memberikan tips dan triknya kepada sobat supaya sobat dapat melatih kucing kesayangan sobat buang kotoran ditempatnya !

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Telinga (Otitis) Pada Kucing

Cara Melatih Kucing Buang Air Pada Tempatnya !

Yuk pelajari cara melatih kucing agar selalu disiplin dalam buang kotoran. Pastikan untuk memperhatikan langkah-langkah dibawah ini dengan seksama supaya hasil dapat sesuai dengan keinginan.

Menyiapkan Kotak Pasir Ukuran Besar

Ukuran kotak yang besar menjadi salah satu pertimbangan ketika hendak melatih kucing. Karena kucing memiliki proses yang cepat dalam pertumbuhannya maka hendaknya pilihlah langsung kotak litterbox yang besar supaya kucing dapat leluasa dan nyaman ketika buang air.

Pilih Kotak Pasir yang Tertutup

Litter box memiliki beberapa jenis, ada yang terbuka dan ada juga yang tertutup. Jika keuangan anda memungkinkan untuk membeli kotak pasir yang tertutup maka anda dapat memilih jenis yang satu ini. Kelebihanya adalah bau tidak dapat tersebar ke ruangan karena tertutup.

Baca juga : Cara Mengobati Scabies Pada Kucing Secara Tradisional

Pilih Jenis Pasir Sesuai dengan Kesukaan Kucing

Terdapat beberapa jenis pasir kucing. Tidak semua kucing menyukai jenis pasir yang sama oleh karena itu pilihlah pasir kucing sesuai dengan kesukaan kucing anda. Gunakan jenis pasir yang mudah diserok supaya memudahkan sobat ketika membuang dan memisahkan kotoran dengan pasir.

Gunakan Alat Tambahan

Selain litterbox terdapat beberapa alat tambahan dalam membersihkan kotoran kucing. Salah satu alat tambahan yang paling penting adalah penyerok kotoran. Penyerok kotoran ini sangat penting digunakan untuk memisahkan kotoran kucing dengan pasir sehingga sangat dibutuhkan dalam kegiatan ini.

Taruh Litter Box di Tempat yang Nyaman dan Tenang

Layaknya manusia, kucing juga membutuhkan ketenangan ketika buang air kecil maupun ketika buang air besar. Tempatkan litter box pada tempat yang nyaman dan tenang agar ia dapat berkonsentrasi pada kegiatannya yang satu ini hehe 😀

Baca juga : Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi ( Penyebab dan Tips Merawatnya !)

Selalu Tempatkan Liter Box pada Tempat yang Sama

Agar memudahkan kucing menghafal tempat kotak pasir. Selalu tempatkan ia ditempat yang sama jangan dipindah-pindah agar ia tidak merasa bingung. Jika ia sudah faham dan hafal tempatnya maka ia akan terbiasa buang air di tempat tersebut.

Taruh Kucing di Litter Box

Melatih kucing pup sebaiknya dilakukan sejak dini agar kucing terbiasa akan kegiatan ini dan disiplin. Untuk melatih kucing anakan sobat dapat dimulai sejak ia bisa pup. Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah mengenalkan kucing anda dengan kotak pasirnya.

Taruh ia di litter box selama beberapa menit. Secara naluriah ia akan dapat merasakan bahwa tempat tersebut merupakan tempat ia buang air besar. Lakukan kegiatan ini setiap hari tepatnya beberapa menit setelah ia makan atau setelah ia bangun tidur.

Sediakan Lebih dari 1 Kotak

Untuk sobat yang memelihara kucing dengan jumlah banyak sebaiknya sediakan lebih dari satu litterbox agar dia tidak berebut. Biasanya kucing juga tidak mau pup ditempatnya apabila tempat tersebut telah kotor oleh kucing lain.

Baca juga : 3 Tips Sebelum Membeli Kucing Peliharaan yang Benar

Bersihkan Kotoran Setiap Hari

Sudah mimin sebutkan bahwa kucing tidak menyukai kotak pasir yang kotor. Oleh sebab itu bersihkanlah tempat pup kucing setiap hari. Pisahkan kotoran kucing dengan pasir yang masih bersih agar dapat digunakan kembali.

Bersihkan Kotak Secara Menyeluruh Seminggu Sekali

Untuk menjaga lingkungan serta ruangan dari bau kotoran kucing sebaiknya bersihkan secara menyeluruh kotak kucing dengan cara mencucinya minimal seminggu sekali agar kebersihan lingkungan senantiasa terjaga.

Berikan Makan yang Terjadwal

Supaya anda faham tentang jadwal pup kucing anda harus memberikan jadwal makan yang rutin. Karena biasanya kucing akan buang air besar sekitar 20 menit setelah ia makan. Dengan demikian sobat juga dapat menempatkan ia ditempat pupnya ketika ia merasa ingin buang air besar. Dengan memberikan makan yang terjadwal sobat dapat mengetahui pula jawal pup kucing dan kemudian melatihnya pup di litterbox.

Inilah cara melatih kucing pup pada tempatnya yang dapat kami sampaikan. Segera latih kucing sobat sejak dini agar ia terbiasa buang air di kotak pasirnya. Sampai jumpa pada artikel Pawanghewan.com selanjutnya karena kami akan mengulas tips dan trik merawat hewan peliharaan setiap harinya.

Tags: